Friday, January 2, 2009

Rambut Rontok, Zinc, Pb, dan Vitamin C

Yah begini lah Kalo jd chemist gak jauh-jauh kerjanya dari bahan kimia..
kalo orang denger bahan kimia, kesan nya menakutkan ya..
(padahal adalah SANGAT menakutkan..)
parah nya saya yg seorang chemist ini kadang gak sadar kalo zat itu berbahaya..
karena sudah terbiasa sehari-hari bersentuhan dengan zat itu..

terkadang saya suka ketakutan sendiri..jangan-jangan tubuh saya mengalami mutasi akibat zat kimia itu..
seperti hari ini, saya baru sadar kalo sudah selama 3bulan ini rambut saya rontok hebat, (dulu waktu sma pernah sih waktu sakit). Tapi sekarang saya sedang tidak merasa sakit, tapi rambut rontok banget. Pake tonic gak mempan,,lalu kata ibu saya mungkin kekurangan zinc. Setelah minum suplemen zinc pun tetep rontok..

saya jadi takut dan mengkaitkan nya dengan zat-zat kimia yg menjadi 'mainan' sehari-hari..
(perlu dicatat sebenernya sabun,sampho, itu zat kimia juga..hehe..setiap hari kita pake zat kimia).
Lead, timbal atau di singkat Pb adalah salah satu mainan saya di lab..(hiyy menakutkan ya)..
Padahal jangan kan bermain dengan Pb di lab, setiap hari di udara (terutama tempat padat kendaraan) kita sudah terpapar Pb.
Jadi saya ini double deh menghadapi bahaya terpapar Pb, sempat berpikir juga jangan-jangan rambut rontok karena ini..

Sudah sempet googling, mencari artikel yg bersangkutan..tapi memang tidak/belum menemukan kaitan langsung antara rambut rontok dgn Pb...tetapi efek dari penimbunan Pb dalam tubuh jauh lebih mengerikan dari sekedar rambut rontok.

Saya juga bertanya-tanya (karena ilmu yg minim..hehe..jarang belajar..otak jd tumpul nih) :
Apakah Pb akan terus menerus tertimbun dalam tubuh?
atau kah akan terekresi keluar dari tubuh?
lalu adakah zat/obat/buah/sayuran yg dapat membantu mempercepat ekresi Pb dari dalam tubuh?
dan kalo memang benar tertimbun dlm tubuh, lalu kenapa ada ambang batas konsumsi Pb (ambang batas ini saya temukan dari file kerja) ?

Sempet bertanya ke sebuah forum, katanya vitamin C bisa membentuk kompleks dengan Pb. Tapi kan Vitamin C sendiri diperlukan oleh tubuh? (atau harus mengkonsumsi vitamin C berlebih,,sehingga Pb terkomplekskan oleh vit C dan terbuang keluar tubuh..hehehe..analisi ngawur)..

Saya masih mencari-cari referensi atau pengetahuan tentang ini..
Siapa tau ada yang bisa menjelaskan dan punya artikel nya..saya akan senang sekali untuk berdiskusi.

No comments: