Wednesday, February 15, 2012

Membersihkan Sisik ikan #Learn by doing 1

Pengen berbagi kesusahan yang saya alami waktu weekend kemarin,.
Saya sedang membersihkan 3 ekor ikan bandeng untuk dijadikan pepes (my favorite menu) :D
tiba-tiba mati lampu 
  • Ikan yang pertama, saya membersihkan sisik ikan dengan cara memegang ikan dengan arah kepala ikanmenghadap bawah, ekornya dekat pergelangan tangan, lalu saya membersihkan sisik-nya pake pisau ke arah kepala ikan (ke bawah), hasilnya sisik ikan yang terlepas dengan sukses 'mencelat' alias melesat berhamburah ke arah atas, keluar wastafel, sampel kebaju saya :(
  • ikan yang kedua, saya balik arah memegang ikannya..kepala ikan didekat pergelangan tangan dan ekor dibawah, arah pisau pun keatas, sesuai dengan sisik ikan..hasilnya sisik ikan yang terlepas nggak berhamburan tapi banyak yang menempel pada pisau, atau jatuh ke wastafel :D
 

Yay ternyata cara kedua lebih memudahkan saya untuk membersihkan sisik ikan, tapi tetep ya harus hati-hati saat mengayunkan pisaunya, dimulai dari bagian kepala (jangan dari bagian ekor ikan ya!) sedikit-sedikit, lalu ke bawah kebagian ekor, dengan arah mata pisau nya tetap ke atas lho 
(hmmm semoga mengerti apa yang saya maksud, dan semoga gambar nya sedikit membantu huhu...)

No comments: