Sunday, March 28, 2010

ADI

Siapa itu ADI, apa itu ADI?
mungkin banyak yang lupa atau tidak 'ngeh' apa itu ADI.
ADI adalah Acceptable Daily Intake, yaitu menentukan seberapa banyak konsumsi BTP setiap hari yang dapat diterima dan dicerna sepanjang hayat tanpa mengalami resiko kesehatan.

Apa pula itu BTP? BTP adalah bahan tambahan pangan , bahan aditif yang tambahkan ke dalam makanan yang dapat merubah/menambah rasa, sifat dan visual makanan itu sendiri.
Seperti kita semua makanan yang kita makan mengandung bahan tambahan pangan, contohnya pengawet makanan, pemanis buatan, pewarna makanan, penguat rasa, dll.
Tetapi penggunaan bahan tambahan makanan tersebut yang melebihi ambang batas yang ditentukan ke dalam makanan atau produk-produk makanan dapat menimbulkan efek sampingan yang tidak dikehendaki dan merusak bahan makanan itu sendiri, bahkan berbahaya untuk dikonsumsi manusia.

Maka munculah ADI untuk melindungi konsumen. Nilai ADI diperoleh dari rumus :
ADI = 1/100 x NEL mg/kg BB/hari

**NEL (No observed effect level) yaitu: “The maximal dose level that has not induced any sign of toxicity in the most susceptible species of animals tested and using the most sensitive indicator of toxicity”. Ini berarti bahwa faktor keamanan untuk zat tambahan makanan telah ditentukan sebesar 100**

Nah, dari nilai ADI ini kita bisa menghitung batas konsumsi suatu makanan yang mengandung BTP dalam setiap harinya.
Misalnya, saya dengan berat badan 50kg memakan makanan merk X mengandung aspartam 20mg/takaran saji. sedangkan nilai ADI untuk aspartam adalah 40mg/BB. Sehingga kita bisa menghitung :
Batas maksimal konsumsi mkanan X per hari = (40mg/kg x 50 kg)/20 mg = 10
Jadi dalam sehari maksimal saya mengkonsumsi makanan X itu adalah 10 pcs.

Eits,,tapi jangan lupa, kemungkinan tidak cuma satu jenis makanan yg kita makan yg mangandung aspartam. Misal ADI aspartam adalah 40mg/kg BB, jadi setiap hari saya boleh mengkonsumsi 40x50=200mg aspartam. Jadi kalo pagi hari saya sudah minum kopi sachet mengandung 80mg aspartam, jatah saya hari itu tinggal 120 mg aspartam.
So, hitung sendiri ya..jangan-jangan kita sudah melibihi nilai ADI.
Oiya, berarti semakin berat tubuh kita semakin besar batas toleransi terhadap BTP.
Dan tidak rugi juga kalau kita tahu sifat-sifat BTP dan efek sampingnya.
Okay, semoga bermanfaat :D


sumber : ini dan itu

No comments: