Monday, November 28, 2011

Wedang Kunyit Asam

Hi girls..
iseng lagi nih, saya bikin wedang kunyit asam, karena saya suka banget sama yang namanya jamu-jamuan, apalagi klo bikin sendiri. Kebetulan lagi 'dapet' nih jadi pas banget deh, soalnya kunyit asam ini mengurangi rasa sakit saat haid. Memang sih sudah banyak dijual minuman obat yang diperuntukan saat haid, tapi lebih asik bikin sendiri, selain gampang juga bebas bahan-bahan tambahan yang tidak kita inginkan (seperti pengawet makanan).

Bikinnya gampang kok, siapkan kunyit/kunir 2-3 ruas besar, asam/asem jawa/asem kawak 3-4buah, gula merah 1/4, air 500ml. Caranya kunyit di parut, kemudian dicampurkan dalam air, tambahkan asem dan gula merah lalu didihkan, kemudian saring..dan jadi deh wedang kunyit asam-nya. Kalo suka manis bisa ditambahkan gula pasir :)
ini dia Wedang Kunyit Asam
Wedang kunyit asamnya cocok diminum anget-anget pas hujan gini,,Nah kalolagi panas bisa dibuat es kunyit asam. Tapi kalo mau dibuat es kunyi asam, jangan lupa ditambahkan tepung hungkue 1 sendok makan saat didihkan, supaya saat didinginkan jadi es yang empuk..
Selamat mencoba :D

No comments: